POLNEP JAJAKI KERJASAMA DENGAN EHIME UNIVERSITY

2017-01-13 | Dibaca 1 kali

Politeknik Negeri Pontianak dan Ehime University menjajaki kerjasama yang diawali workshop of food function di laksanakan di ruang pertemuan lantai 3 hari Senin 19 Desember 2016. Workshop menghadirkan Prof. Takuya Sugahara, Phd, staf pengajar Fakultas Pertanian serta staf khusus Presiden (Rektor) Ehime University, Matsuyama Jepang.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si menyampaikan ada hal senada terkait komitmen kerjasama antara Politeknik Negeri Pontianak dan Ehime University. Di mana, kerjasama bukan sekedar formalitas. Ini Komitmen kami, ujarnya. Ia berharap kerjasama tersebut dapat diimplementasikan dalam pertukaran mahasiswa dan dosen, seperti yang dilakukan Politeknik Negeri Pontianak dan Universite de Valenciennes Perancis.

Dalam kesempat itu, Pembantu Direktur IV Politeknik Negeri Pontianak Utin Nina Hermina, SE, M.Si menjelaskan, workshop sebagai tahap awal menjajaki MoU antara Politeknik Negeri Pontianak dan Ehmime University. Di Jepang untuk bisa jalin MoU, kami harus gelar kegiatan bersama dulu. Kegiatan ini salah satu program kami untuk meningkatkan kerjasama internasional, ungkapnya.

Kerjasama dengan Ehime University juga untuk mengakomodir Jurusan Pertanian serta Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak. Jurusan lain sudah yang diakomodir dalam kerjasama dengan universitas di Perancis. Kami ingin kerjasama ini nantinya dapat mendukung visi Politeknik Negeri Pontianak menjadi perguruan tinggi vokasi terdepan dan terbaik di internasional di tahun 2020, katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Utin Nina Hermina, berharap di tahun 2017 sudah dilaksanakan MoU dengan Ehime University. Waktu berada di Jepang, Utin dan Tim juga mengunjungi Kyoto University, dimana ada dosen Politeknik Negeri Pontianak yang sedang mengambil S3. Kami juga berupaya menjajaki kerjasama, baik untuk program mahasiswa magang serta dosen lain melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Sambutan Ehime dan Kyoto luar biasa, mereka membuka peluang bahkan informasikan ada beberapa beasiswa dari Jepang jika ada dosen Politeknik Negeri Pontianak yang mau melanjutkan pendidikan, ujarnya.

Saat berkunjung ke Jepang, Utin Nina bersama M. Ali Urusan Kerjasama dan Hubungan Internasional. Sekitar dua minggu yang lalu, kami ke Jepang, kebetulan ada staf dari Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak ambil program doctor dan  melakukan riset di Ehime.  Dia di bawah bimbingan Prof. Takuya, Politeknik Negeri Pontianak mencoba untuk melakukan pertemuan dan Alhamdulillah tanggapan sangat  bagus. Kegiatan workshop kali ini bisa dikatakan sebagai kunjungan balasan dari Ehime Politeknik Negeri Pontianak, jelas Ali.

Ehime merupakan Universitas yang terkenal dalam bidang pertanian dan perikanan dan hal tersebut dinilai sangat tepat untuk mendukung kemajuan Politeknik Negeri Pontianak. Tidak menutup kemungkinan kerjasama jurusan lain karena Ehime ada teknik dan lainnnya. Tetapi sekarang focus pada dua jurusan dulu, ungkap Ali. Lebih lanjut diungkapkannya, banyak universitas dari Indonesia yang sudah kerjasama dengan Ehime. Waktu kami di sana, ada mahasiswa UGM dan ITB sedang riset, begitu juga dari Dinas Pertanian Jawa Timur.

Polnep berusaha menjajaki kerjasama pertukaran mahasiswa selama 2 – 3 bulan dengan Ehime University. Selain itu, rekomendasi dosen melanjutkan pendidikan S3 di sana dan ini sangat penting sebagai upaya internasionalisasi Politeknik Negeri Pontianak sesuai visi tahun 2020, ujarnya mengakhiri perbincangan.

(Erwandi/Pranata Humas Muda)

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan