Polbeng akan Ikut Terlibat dalam Program Service Learning @ Bengkalis (Muallaf ’17) UTM

2017-02-20 | Dibaca 1 kali

Pada bulan April mendatang, Majlis Perwakilan Mahasiswa Universitas Teknologi Malaysia Kuala Kumpur (MPM UTMKL) akan melaksanakan sebuah program pengabdian masyarakat di salah satu desa di Kabupaten Bengkalis yang mereka namai dengan “Service Learning @ Bengkalis (Muallaf ’17)”.

Program pengabdian masyarakat ini tepatnya akan dilaksanakan di Desa Jangkang pada tanggal 2-8 April yang akan datang. Dalam pelaksanaanya, pihak UTM akan bekerjasama dengan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Dinas Sosial, Politeknik Negeri Bengkalis serta beberapa pihak lainnya.

Dengan melibatkan 35 orang mahasiswa dan 5 orang dosen pendamping, serta beberapa pihak yang ikut bekerjasama, berbagai kegiatan akan diadakan selama program berlangsung, diantaranya

  1. Program khitan massal dan cek kesehatan gratis untuk penduduk setempat;
  2. Pengabdian masyarakat dimana semua mahasiswa UTM dan dosennya akan tinggal bersama masyarakat selama pelaksanaan program;
  3. Pelatihan penanaman nanas dan kelapa sawit;
  4. Pelatihan pembuatan produk dari fiberglass  (kaca serat);
  5. Pertukaran budaya dan ide dengan mahasiswa di Bengkalis;
  6. Motivasi kepada para siswa setempat untuk belajar dengan lebih giat lagi;
  7. Program Awesome with Technology yang bertujuan untuk menciptakan siswa kreatif dengan menggali bakat yang ada pada siswa;
  8. Program Fun with Science yang bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa bahwa IPA itu tidak sulit, tapi menyenangkan;
  9. Kunjungan dan observasi ke tempat-tempat bersejarah di Bengkalis;
  10. Olahraga bersama masyarakat; dan
  11. Program Bedah Rumah yang bertujuan memperbaiki dan merenovasi satu atau dua rumah penduduk muallaf yang mengalami kerusakan.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk membina para muallaf di Jangkang. Selain itu, dengan tema “Leading to Next Generation”, program ini juga bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa UTM terhadap kehidupan masyarakat di daerah lain, memupuk hubungan silaturrhmi antara mahasiswa dengan masyarakat, mempelajari kebudayaan setempat, bertukar kebudayaan dan ide dengan mahasiswa Bengkalis, dan masih banyak lagi. Pihak UTM juga akan berbagi ilmu pengetahuan dan membantu menyumbangkan teknolgi untuk masyarakat setempat.

Adapun Politeknik Negeri Bengkalis, khususnya mahasiswa nantinya akan terlibat dalam membantu mahasiswa UTM mempelajari dan mengenal masyarkat di desa tersebut. Mahasiswa Polbeng juga akan berkesempatan untuk berbagi pengetahuan dan bertukar pikiran dengan mahasiswa dari Malaysia.

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan