Kunjungan Industri, Prodi BIB Jejaki Tiga Negara

2017-02-20 | Dibaca 1 kali

Kunjungan Industri (KI) Program Studi Bahasa Inggris Bisnis (BIB) Politeknik Negeri Bengkalis tahun ini dilaksanakan dengan mengunjungi tiga negara, Malaysia-Singapura-Thailand. Sejumlah 52 orang mahasiswa tahun ke-2 serta empat orang dosen Prodi BIB mengikuti program tersebut selama lima hari mulai tanggal 8 hingga 12 Februari. Ari Satria, salah satu koordinator KI Prodi BIB tahun ini mengatakan, “Sudah menjadi tradisi di Prodi BIB bahwa KI kita upayakan ke luar negeri. Kita melakukannya dengan cara menabung. Mahasiswa kita arahkan untuk menabung selama setahun. Dan Alhamdulillah, tahun ini target kita untuk sampai ke tiga negara tercapai, dengan biaya yang sebenarnya tidak jauh beda dengan yang dikeluarkan oleh mahasiswa prodi lain yang melakukan kunjungan ke dalam negeri”.

Program KI Prodi BIB tahun ini diawali dengan praktek table manner yang dilaksanakan di Hotel Suria City, Johor Bahru, Malaysia. Sebelum melaksanakan praktek, satu sesi kuliah singkat tentang table manner disampaikan langsung oleh Prof. Madya Noraini bt. Sidek,  Direktur Eksekutif  Suria College of Hospitality, Johor Bahru. Mantan Timbalan Dekan UITM  lulusan Johnson & Walles University, USA tersebut selanjutnya mengarahkan mahasiswa untuk mempelajari tata cara pelayanan di meja makan (table serving etiquette) kemudian dilanjutkan dengan praktek adab makan ala internasional (table manner). Acara tersebut ditutup dengan penyerahan cenderamata dari kedua belah pihak – Suria College of Hospitality dan Polbeng.

Pada hari kedua, rombongan melanjutkan perjalanan ke negeri Singa Putih, Singapura. Di Singapura, mahasiswa melakukan tour sehari dengan mengunjungi objek-objek wisata seperti Patung Merlion, Garden by the Beach, Bugis Street, Universal Studio dan berakhir dengan menonton pertunjukan cahaya ‘Wings of Time’ di Sentosa Island. Pukul 08.00 malam waktu Singapura, rombongan kembali ke Johor Bahru untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Thailand.

Perjalanan menuju Negeri Gajah Putih  sejauh lebih kurang seribu kilometer menyusuri sisi barat semenanjung Malaysia tersebut melewati Johor, Negeri Sembilan, KL, Perak, Pulau Pinang, Kedah, Perlis dan berakhir di Kota Hat Yai, Selatan Thailand.  Meskipun perjalanan tersebut terasa cukup melelahkan, namun  kelelahan tersebut terbayar dengan eksotika Pantai Samila serta suasana tenang di Kota Songklha (27 km dari Distrik Hat Yai). Di Songklha, robongan juga berkesempatan mengunjungi objek wisata Bukit Tang Kuan. Tang Kuan adalah taman kota diatas puncak bukit dengan ketinggian 2000 kaki diatas permukaan laut dengan ikon Royal Pagoda diatasnya. Untuk sampai ke puncak (hilltop), pengunjung harus menaiki lift. Objek wisata ini dikelola oleh pemerintah kota Songklha.

Rombongan meninggalkan Thailand pada siang hari ke-4 tour untuk melanjutkan perjalanan ke jantung Malaysia, Kuala Lumpur. Di KL, rombongan berkunjung ke pabrik cokelat ‘Cocoa Boutique’ di Jalan Kamuning 26, Kuala Lumpur. Di sini, rombongan mahasiswa diberikan pengetahuan tentang industri cokelat termasuk cara pemasarannya. Cocoa Boutiques KL memproduksi lebih 300 produk cokelat dan telah dikunjungi oleh 4 juta pengunjung dari 80 negara di seluruh dunia. Mereka juga membuka kesempatan bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti Industrial Trainee Program selama sekitar 4 bulan yang rutin diadakan setiap tahunnya.

M. Sabri, ketua Prodi BIB menuturkan, “KI tahun ini kita arahkan untuk memberikan pengetahuan tentang bisnis / industri pariwisata kepada mahasiswa. Hal yang menarik ketika mereka melihat bagaimana travel agent serta para pemandu wisata (tour guide) dari tiga negara ini bekerja dan menguasai berbagai bahasa. Bagaimana sebuah usaha wisata mengelola serta mempromosikan bisnisnya, serta banyak hal lagi.”

Rombongan KI Prodi BIB meninggalkan pelabuhan Melaka pada Minggu siang pukul 14.30 waktu Malaysia dan tiba di Bengkalis lebih kurang pukul 16.30 WIB.

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan