Polyspeak Politeknik Negeri Bali

2017-04-06 | Dibaca 1 kali

"POLYSPEAK" - Master the languanges, conquer the world. Politeknik Negeri Bali (PNB) memiliki visi Menjadi Institusi Terdepan Sebagai Penghasil Tenaga Profesional yang Memiliki Daya Saing Internasional. Visi Berdayasaing internasional ini menjadi motivasi bagi Politeknik Negeri Bali untuk terus berupaya dan tanpa henti meningkatkan kualitas mutu pendidikannya. Indikator yang menjadi pembuktian PNB terus berupaya dalam mencapai visi tersebut salah satunya adalah diterimanya dua mahasiswa PNB dalam seleksi Asean European Student Mobility, dan mengikuti program transfer credit antara Politeknik Negeri Bali dengan Rajamanggala University of Technology Pha Nakhon Thailand. Dengan adanya program transfer credit antara PNB dengan beberapa universitas dikawasan ASEAN, memprioritaskan bahasa internasional sebagai alat komunikasi yang penting bagi mahasiswanya, karena bahasa internasional sangat diperlukan untuk mengembangkan wawasan dan pergaulan internasional.

Salah satu inovasi yang ada di Politeknik Negeri Bali adalah Polyspeak. Apa itu Polyspeak ? Polyspeak adalah salah satu unit di lingkungan PNB yang menangani kebutuhan pembelajaran bahasa indonesia dan bahasa asing. Polyspeak dibentuk sebagai pusat pelatihan dan tes kebahasaan terlengkap di bali dengan mottonya “Master the languanges, conquer the world” diharapkan dengan penguasaan banyak bahasa generasi muda mampu menguasai dunia. Polyspeak mulai mengupayakan kerjasama – kerjasama dengan beberapa pihak di luar intitusi. Hingga saat ini, Polyspeak memiliki kurang lebih 35 dosen dengan bidang keahlian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan dari beberapa dosen tersebut menguasai bahasa lain secara aktif, seperti Bahasa Rusia dan Bahasa Prancis. Polyspeak sudah membuat berbagai program antara lain, pelatihan bahasa inggris, pelatihan bahasa jepang, pelatihan bahasa indonesia untuk penutur asing (BIPA), pelatihan bahasa rusia, pelatihan tes bahasa inggris, tes TOFEL, TOEIC, dan uji kompetensi bahasa inggris.

Polyspeak ini sebagai salah satu indikator lain yang membuktikan bahwa strategi PNB untuk mencapai visi berdayasaing internasional terus berjalan, dan bahkan bergerak cepat dengan program – program yang dibuat oleh Polyspeak ini. Keunggulan dari Polyspeak ini antara lan, 1) bernaung di bawah intitusi perguruan tingi yang kuat, 2) memiliki program – program yang handa dan tempat yang memadai, 3) memiliki tenaga pelajar yang sangat handal (dosen bahasa berkualitas, minimal berpindidikan master), 4) memiliki link dengan lembaga atau intitusi luar negeri. Sistem Pelatihan Polyspeak adalah menggunakan metode pengajaran dan pembelajaran bahasa konteksual (contentual teaching learning) dengan pendekatan komunikatif. Hal ini dimaksudkan agar peserta pelatihan bisa menguasai bahasa atau ungkapan yang mereka gunakan sehari – hari. Peserta Pelatihan Polyspeak adalah semua kalangan baik di dalam maupun di luar intitusi yang ingin mengembangkan bahasa asingnya. Terbentuknya Polyspeak diharapkan dapat melahirkan generasi – generasi muda di dalam maupun luar institusi yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan