POLNEP GELAR PKM KENALKAN MASYARAKAT PENGOLAHAN JAGUNG DAN UBI KAYU

2017-05-23 | Dibaca 1 kali

POLNEP GELAR PKM

KENALKAN MASYARAKAT PENGOLAHAN JAGUNG DAN UBI KAYU

 

Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Pontianak menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di desa Peniraman Kecamatan Pinyuh Kabupaten Mempawah. Kegiatan PKM tersebut diikuti 25 Penggerak PKK desa Peniraman. Kegiatan yang diketuai Lamria Mangunsong ini, berkaitan dengan pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) kepada para penggerak PKK terutama dalam pengolahan jagung dan ubi kayu untuk dijadikan produk pangan yang prospektif serta dapat dikembangkan menjadi peluang usaha dan bernilai ekonomi tinggi. Masyarakat kita masih belum memahami bagaimana mengolah produk pertanian seperti jagung maupun ubi kayu menjadi olahan makanan yang memiliki nilai ekonomi atau nilai jual tinggi. Selama ini, masyarakat kita hanya mengolahnya dengan makanan biasa dan nilai jualnya rendah.

Dengan pengenalan teknologi pengolahan ini diharapkan masyarakat dapat mengolah hasil pertaniannya dengan baik, termasuk kemasannya, ujar Lamria. Dia juga berharap kegiatan seperti ini berlanjut dan dapat memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat. Dengan demikian masyarakat di desa Peniraman bisa jadi lebih maju dan mandiri dalam mengolah protensi local seperti jangung dan ubi kayu. Olahan tersebut menjadi produk bernutrisi dan bernilai jual tinggi, ujarnya. Lebih lanjut dia berharap dengan memberikan bekal pengetahuan seperti ini, secara tidak langsung dapat menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Peniraman. Dengan demikian lanjutnya, masyarakat turut mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) Jurusan TPHP Politeknik Negeri Pontianak, dilakukan penyerahan bantuan peralatan bagi masyarakat desa Peniraman.  Alat pengolahan jagung dan ubi kayu diserahkan oleh UPPM Politeknik Negeri Pontianak yang diwakili Abdi Reda diserahkan kepada Kepala Desa Peniraman yaitu Bapak Efendi Musa. Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Peniraman Efendi Musa menyampaikan terima kasih  kepada Politeknik Negeri Pontianak dan para tim serta para mahasiswa yang telah memilih desa Peniraman sebagai tempat memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang pengolahan jangung dan ubi kayu. Dia berharap kegiatan seperti ini secara terus menerus dapat dilaksanakan di desa Peniraman. Hal ini dikarenakan, desa Peniraman banyak hasil pertanian yang belum dikelola dengan baik apalagi dengan teknologi yang diajarkan para dosen-dosen Jurusan TPHP, ujarnya. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 22 Mei 2017 di Gedung Graha Wicara Desa Peniraman.

(Erwand – Pranata Humas Muda)

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan