Polnep Gelar IbM di Sungai Kupah Penganekaragaman Olahan Produk Ikan Rucah

2017-05-29 | Dibaca 1 kali

Polnep Gelar IbM di Sungai Kupah

Penganekaragaman Olahan Produk Ikan Rucah

                            

Jurusan Perikanan, Akuntansi dan Administasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) menggelar kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi / iptek bagi masyarakat (IbM) di Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Jumat, 26 Mei 2017. Pelatihan ‘Penganekaragaman Olahan Produk Ikan Rucah’ tersebut diikuti kelompok wanita nelayan Desa Sungai Kupah.

Kegiatan yang digelar di Pondok Reformasi Sungai Kupah tersebut turut dihadiri Sabri, Kades Sungai Kupah. “Saya, Kades Sungai Kupah mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini. Para ibu di sini mendapatkan ilmu baru untuk menambah penghasilan dan membantu tambahan suami,” ujarnya.

Sementara itu, Vivin Primadini SStPi MSi, Ketua Tim IbM di Sungai Kupah, bersama anggota tim, Riska Wahyuni SS MPd menjelaskan, kegiatan IbM sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang digelar Polnep. “PKM ini salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi yang dilakukan para dosen dan mahasiswa Polnep,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berusaha ikut serta mengembangkan wilayah / desa yang berada di sekitar mereka. “Tentunya, upaya ini dengan memperhatikan potensi dan hasil dari tiap wilayah. Kami juga memberikan bantuan alat untuk olahan produk iklan rucah,” ujarnya.

Tambahnya, “PKM di Sungai Kupah ini kami tujukan untuk memberikan pelatihan, keahlian dan keterampilan kepada mitra desa dengan menyampaikan materi dan mempraktekkan penganekaragaman produk olahan ikan rucah. Harapan kami, nantinya warga di sini dapat menghasilkan diversifikasi produk yang bernilai jual tinggi, seperti sosis, bakso, nuget, dendeng, dan kerupuk.”

Tim Polnep berharap, ke depannya, setelah pelaksanaan PKM di Desa Sungai Kupah, masyarakat setempat mampu meningkatkan pendapatan mereka. “Berbekal kemampuan pengolahan diversifikasi dari ikan rucah, mengetahui cara teknik kewirausahaan, pemasaran, dan produk dalam promosi,” pungkasnya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

 

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan