Prodi MBI Polines Raih Akreditasi A dari BAN PT

2017-06-14 | Dibaca 1 kali

Program studi (prodi) Manajemen Bisnis Internasional (MBI) Sarjana Terapan Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan ini tercantum dalam SK BAN-PT Nomor 1083/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/IV/2017 berlaku hingga 18 April 2022 sebagaimana dimuat di laman BAN-PT.

Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT mengungkapkan rasa syukur atas perolehan akreditasi A pada prodi MBI ini. “Capaian ini menambah jumlah prodi terakreditasi A di Polines menjadi 7,” ungkapnya di kampus Polines, Tembalang, Senin, (9/6). Keberhasilan Prodi MBI memperoleh akreditasi A sejalan dengan Visi dan Misi Polines yang telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN PT di tahun 2016.

Dia berharap predikat ini bisa memotivasi kinerja Polines pada umumnya serta prodi MBI pada khususnya untuk lima tahun ke depan. “Akreditasi ini juga merupakan langkah awal untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja lima tahun mendatang,”jelasnya. “Hal ini merupakan bentuk pengakuan dan akuntabilitas pada masyarakat serta mutu pengelolaan di prodi tersebut. Selanjutnya, ia berpesan, pengelola prodi MBI harus komitmen untuk terus menerus meningkatkan kinerja sesuai dengan dinamika kebutuhan stakeholders. Tidak hanya daya saing lulusan tetapi juga peran perguruan tinggi pada masyarakat. Semua unsur harus berkomitmen meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ia berharap, ”Nilai A harus diiringi dengan kualitas kegiatan-kegiatan yang menguatkan kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi di program studi.”, harapnya.

Ketua Prodi MBI Yusmar Ardhi Hidayat S.E., M.Si mengatakan pihaknya sebelumnya telah mengajukan reakreditasi. Selanjutnya Tim Asesor dari BAN PT yang terdiri Dr. Moh. Rizan dan Farid Najib S.E., M.Si. melakukan visitasi lapangan pada tanggal 16 – 18 Maret 2017 di kampus Polines. “Berbekal hasil akreditasi A dari BAN-PT, Prodi MBI bertekad untuk mempertahankan dan mewujudkan visi menjadi pusat pendidikan tinggi vokasi bidang pengelolaan bisnis internasional yang unggul dan berstandar mutu internasional, “ungkapnya. Visi tersebut menjadi dasar Prodi MBI meningkatkan kualitas pendidikan vokasi bidang binis internasional untuk menghasilkan lulusan profesional masuk ke dunia kerja.

Lanjut Yusmar, prodi ini memerlukan waktu tujuh tahun untuk mendapatkan akreditas sejak prodi ini dibuka di tahun 2010 kemudian menerima mahasiswa di tahun 2011 dan telah menghasilkan dua angkatan lulusan di tahun 2015 dan 2016. Alumni Prodi MBI mampu menunjukkan 70 persen alumni diserap di dunia industri dengan masa tunggu yang singkat rata-rata 4 bulan.

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan