DIVERSIFIKASI BUAH KELAPA PKM Teknik Mesin Di Desa Sungai Itik

2017-11-09 | Dibaca 1 kali

DIVERSIFIKASI BUAH KELAPA

PKM Teknik Mesin Di Desa Sungai Itik

                           

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Pontianak menggelar kegiatan di Dusun Melati Desa Sungai Itik Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan yang diberi judul “ diversifikasi buah kelapa tersebut diketuai Edi Karyadi, ST, MEng dengan anggota Hadimi, ST, MT, Rusadi, ST, MT dan Masy’ari, ST, MEng.

Edi Karyadi mengatakan, tim PKM Politeknik Negeri Pontianak kali ini dari Jurusan Teknik Mesin. Menurutnya, tim PKM membeerikan penyuluhan dan pelatihan terkait diversifikasi buah kelapa sebagai salah satu komoditi unggulan Desa Sungai Itik Kecamatan Sungai Kakap. Pemilihan Desa Sungai Itik sudah dilakukan observasi sebelumnya dan buah kelapa di Desa Sungai Itik merupakan usaha terbesar bagi masyarakat setempat.

Diversifikasi yan kami maksudkan yaitu berupa pengolahan buah kelapa menjadi aneka panganan yang bernilai jual lebih baik, antara lain : kepala parut kering, cookies kelapa, selai kepala, keap air kelapa dan nata de coco, ujar Edi Karyadi. Menurutnya, tim juga memberikan penyuluhan dan pelatihan cara mengoperasikan dan merawat mesin dan peralatan lain yang digunakan dalam proses diversifikasi.

Pelatihan ditujukan agar mesin dan peraltan yang diberikan atau disumbangkan oleh Tim PKM Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak tersebut memiliki umur pakai lebih lama. Edi menjelaskan, tujuan kegiatan ini dengan harapan dapat membantu meningkatkan sumberdaya manusia, khususnya para ibu dan remaja di Dusun Melati Desa Sungan Itik. Mereka memiliki keterampilan baru dalam mengolah kelapa menjadi berbagai produk, seperti kalapa parut kering, cookies kelapa, selai kelapa, kecap air kelapa dan nata de coco, ujarnya.

Ia menambahkan, ke depan diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan sumberdaya manusia di desa sungai itik. Para ibu dan remaja warga Dusun Melati yang mengikuti pelatihan dapat membuka usaha baru berbahan baku potensi local, yaitu buah kelapa. Dengan demikian diharapkan ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat setempat.

Perwakilan warga Dusun Melati Jum’aida menyampaikan bahwa penyuluhan dan pelatihan sangat positif dan peserta antusias mengikutinya. Diungkapkannya, kegiatan ini ke depan dapat berkembang dan berkelanjutan, sehingga peraltan yang telah disumbangkan oleh Politeknik Negeri Pontianak sebagai modal awal usaha dan dapat lebih bermanfaat. Kami juga dapata meningkatakan perekonomian keluarga dan masyarakat, tegasnya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan