DOSEN TPHP GELAR PKM KENALKAN PANGAN SINGKONG

2017-11-09 | Dibaca 1 kali

DOSEN TPHP GELAR PKM KENALKAN PANGAN SINGKONG

 

Tim dosen TPHP Politeknik Negeri Pontianak kembali menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kali ini, pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam bentuk ilmu pengetahuan teknologi bagi masyarakat (IbM) dengan pengembangan krativitas produk pangan berbasis singkong dilaksanakan di Dusun Hulu Ngarak Desa Dema kecamatan Anjongan Kabupaten mempawah pada hari Jum’at, 15 September 2017.

Tim IbM Politeknik Negeri Pontianak di ketuai Agato, ST, MEng dengan anggota Dr. Narsih dan  Revi Sesario, MM. Kehadiran tim TPHP Politeknik Negeri Pontianak disambut poisitif oleh Ketua Tim Penggerak PKK Dusun Hulu Ngarak Okta Mersiana serta para warga setempat. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kelompok kami, ujar Okta. Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian warga dusun Hulu Ngarak dalam mengolah bahan baku singkong menjadi olahan ragam makanan. Harapan kami, kegiatan ini menjadi cikal bakal bagi kami untuk bereusha, ujar Okta dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua tim Agato menyampaikan bahwa kegiatan yang mereka lakukan untuk menjalankan tugas Politeknik Negeri Pontianak dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas rutin bagi kami sebagai wujud berbagi ilmu dan pengetahuan bagi tim penggerak PKK di Dusun Hulu Ngarak, ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa pengembangan krativitas produk pangan berbasis singkon tersebut, terdiri dari produk ttiwul instan, rengginang singkong, sambal goring kulit ubi dan kerupuk kulit ubi kayu. Tak hanya pengetahuan dan teknologi yang lebih baik untuk proses pembuatan produk tersebut, tetapi juga tim Politeknik Negeri Pontianak memberikan bantuan peralatan untuk mempermudah kerja tim penggerak PKK, ujarnya mengakhiri pembicaraan.

(Erwandi – Pranata Humas Muda

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan