JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS LAKSANAKAN INHOUSE TRAINING PENULISAN ARTIKEL

2017-11-09 | Dibaca 1 kali

JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS LAKSANAKAN

INHOUSE TRAINING PENULISAN ARTIKEL

 

 

 

Pemerintah terus mendorong dosen dan profesor di Tanah Air untuk meneliti dan menghasilkan publikasi internasional. Hal ini didasari bahwa masih banyak para dosen yang kurang menulis artikel untuk dipublikasikan, apa lagi untuk publikasi internasional. Untuk dapat menjadi penulis dalam publikasi ilmiah internasional, dibutuhkan strategi khusus. Para dosen atau peneliti harus banyak berlatih menulis artikel yang memenuhi standar publikasi jurnal internasional sebagaimana peribahasa “practice makes perfect“. Proses penting yang harus dicermati oleh para penulis jurnal internasional adalah bagaimana mengembangkan ide, bagaimana dasar-dasar penulisan artikel yang memenuhi standar jurnal internasional, serta bagaimana proses mempublikasikan artikel tersebut dalam jurnal internasional. Bangsa Indonesia sejak 2013 dijuluki sebagai lost science in the third world atau sebagai bangsa yang tidak pernah meneliti. Oleh sebab itu, Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak  malaksanakan kegiatan Inhouse Training Penulisan Artikel di Jurnal Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 14 sampai 15 Agustus di ruang Jurusan Administrasi Bisnis. Peserta inhouse training para dosen Jurusan Administrasi Bisnis dan beberapa dosen dari Jurusan lain dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak dan beberapa dosen di luar Politeknik Negeri Pontianak. Sebagai narasumbernya adalah Assiciate Prof. Handoyo Puji Widodo, Ph.D dari University of Shantau, Guang Dong, China.

 

Penyelenggaraan Inhouse Training Penulisan Artikel ini didasari bahwa masih kurangnya jumlah artiek ilmiah yang dilakukan oleh dosen kita, ungkap Dr. Dedi Herdiansyah Ketua Jurusan Administrasi Bisnis. Dikatakannya, kegiatan ini sebagai bekal bagi dosen yang berencana untuk melanjutkan studi S3. Setelah diadakannya Inhouse Training ini, tradisi meneliti, pengabdian dan menulis jurnal bisa ditingkatkan dan kedepan diharapkan para dosen lebih rajin menulis artikel internasional.

 

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir. H. Muh. Toasin Asha, M.Si dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi segala upaya yang dilakukan Jurusan Administrasi Bisnis menyelenggarakan Inhouse Training ini dalam rangka peningkatan kemampuan para dosen menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah penelitian atau penulisan artikel ilmiah. Perubahan kebijakan Kemenristekdikti bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang tidak lagi berbasis proses namun berbasis output, maka dosen dituntut meningkatkan kemampuan. Saya sebagai pimpinan Politeknik Negeri Pontianak mendukung penuh upaya Jurusan Administrasi Bisnis meningkatkan SDM staf pengajarnya. Dikatakannya, lembaga (Polnep) terus mensuport publikasi ilmiah hasil penelitian atau PKM dosen. Kita upayakan melakukan kerjasama dengan AP Post Pontianak untuk mempublikasikan dan kita upayakan punya kolom khusus untuk Politeknik Negeri Pontianak. Kolom khusus ini diantaranya untuk dipergunakan publikasi hasil penelitian atau PKM maupun karya-karya dosen kita, ujarnya. Kemenristekdikti sekarang ini terus meningkatkan publikasi ilmiah internasional perguruan tinggi. Berkenaan dengan itu, Politeknik Negeri Pontianak akan terus menerus mengupayakan dan mensport hasil penelitian atau PKM dosen masuk dalam artikel atau jurnal internasional. Dan ini tentunya dalam rangka mencapai visi misi global Polnep tahun 2020. Oleh karena itu, saya selaku pimpinan mengucapkan banyak terima kasih kepada Jurusan Administasi Bisnis yang telah melakukan upaya atau usaha peningkatan SDM. Pelatihan ini diharapkan para dosen semakin banyak mempublikasikan karya-karya ilmiahnya di jurnal internasional. Direktur berharap narasumber dapat membimbing para dosen-dosen Polnep dalam penulisan artikel internasional. Diungkapkannya, Alhamdulillah Politeknik Negeri Pontianak sudah mencapai kemajuan dalam penulisan maupun yang terlibat pada penelitian ditingkat kementerian. Ada beberapa orang dosen hasil penelitiannya sudah terdaftar sebagai pemegang hak paten, terutama di Jurusan Teknologi Pertanian. Dia juga berharap para dosen ilmu sosial dapat melakukan terobosan-terobosan, paling tidak ditingkat Kemenristekdikti, ujar Direktur berharap. Direktur mengatakan bahwa dana penelitian cukup besar yang disediakan. Ia menghimbau kepada para dosen untuk terus menerus meningkatkan karya-karya tanpa meninggalkan tugas pokok pendidikan dan pengajaran serta penelitian. Dikatakannya, jangan khawatir dengan orang-orang sibuk, justru orang sibuk banyak dikasi tugas. Karena orang sibuk yang mampu mengatur waktunya dengan baik, kita (dosen) dituntut untuk mampu menulis. Sesibuk apapun kita, Tri Dharma Perguruan Tinggi harus jalan, ujarnya. Dengan meningkatnya kemampuan penulisan artikel bisa menaikkan nilai akreditasi. Kedapan dia berharap Jurusan Administrasi Bisnis dapat mengalokasikan anggarannya untuk pengembangan staf pengajar, ujarnya mengakhiri sambutannya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan