MAHASISWA POLNEP KIBARKAN BENDERA BAWAH LAUT

2017-11-09 | Dibaca 1 kali

MAHASISWA POLNEP

KIBARKAN BENDERA BAWAH LAUT

 

Berbagai macam cara merayakan hari Kemerdekaan RI tak terkecuali HUT RI ke-72. Rasa cinta tanah air dan menumbuhkan kecintaan bahari inilah yang mendorong sekelompok generasi untuk melaksanakan upacara yang tidak biasanya dilakukan para generasi muda umumnya. Upacara bendera memperingatai Hari Kemerdekaan RI ke-72 dilaksanakan para mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak dari Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan. Upacara yang dilaksanakan di laut Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang ini diikuti 95 orang yang tergabung dalam  Persatuan Olah Raga Selama Seluruh Indonesia. Ada dua program studi yang mengikuti upacara bendera di bawah laut yaitu program studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI) dan program studi Budidaya Perikanan (BDP) semester II dan semester IV. Pemilihan Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu pulau yang memiliki dasar keindahan alam bawah laut. Sehingga tidak heran perairan ini menjadi tempat favorit untuk aktivitas bawah laut.

Sebelum pelaksanaan upacara pengibaran bendera, para peserta mengikuti gladi bersih yag dipandu instruktur teknis. Masing-masing harus sudah menyiapkan peralatan, baik penyelam pemula maupun penyelam professional, karena lokasi pengibaran bendera  di bawah laut yang tentu harus dipersiapkan secara matang segala sesuatunya. Setiap pesert peserta membawa bendera merah putih. Bender merah putih tersebut digunakan untuk membentuk formasi RI 72 sesuai hari peringatan Kemerdekaan RI ke-72. Pengibaran bendera bawah laut dilakukan di kedalaman delapan meter, ujar Isamudin salah satu instruktur selam mahasiswa Polnep.

Upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Ri ke-72 dimulai jam 09.30 Wiba dan sebagai inspektur upacara Direktur Pol Air Kombes Pol Alex  Fauzi Rasad. Upacara dilaksanakan secara sederhana namun khidmat dan berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Setelah pengibaran bendera bawah laut, perserta upacara baik ke permukaan yang disusul lantunan lagu Indonesia Raya sembari membentuk formasi RI 72.

Pengibaran bendera yang dilaksanakan mahasiswa Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak merupakan yang ke-3 ditempat yang sama yaitu Pulau Lemukutan. Kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72, juga merupakan salah satu sarana menumbuhkan kecintaan terhadap kekayan bahari dan alam bawah laut yang dimiliki Indonesia. Salah satu mahasiswa yang diwawancarai humas mengatakan, tahun depan diharapkan banyak mahasiswa yang mengikuti upacara dan tidak hanya dari Jurusan Perikanan namun dari Jurusan lain. Selain itu, dia berharap peralatan selam yang ada saat ini perlu pergantian karena sudah cukup lama dan dia berharap lembaga bisa menambah jumlahnya peralatan selam, ujarnya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan