POLNEP UPACARA HUT RI KE 72 Direktur : “Polnep Satker terbaik ke-3 Tertib Adminitrasi Keuangan, ini berkat kerja bersama”.

2017-11-09 | Dibaca 1 kali

POLNEP UPACARA HUT RI KE 72

Direktur : “Polnep Satker terbaik ke-3 Tertib Adminitrasi Keuangan,  ini berkat kerja bersama”.

 

 

Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72 yang diselenggarakan di halaman kampus dan diikuti seluruh pegawai dan mahasiswa. Sebagai inspektur upacara Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si. Pada kesempatan itu, Direktur membacakan sambutan tertulis Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengatakan, HUT RI ke-72 ini sudah seharusnya tidak saja hanya menjadi momen peringatan bagi kita, namun menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan kembali capaian yang telah kita raih dan bersiap atas segala tantangan ke depan. Dijelaskannya, selama lebih dari tujuh dekade usia kemerdekaan, Indonesia telah berhasil menjadi bangsa besar dengan berbagai kemajuan ekonomi, sosial dan politik. Pembangunan infrastruktur fisik dan manusia tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari ujung Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote. Selain itu, paradigma pembangunan pun telah meningkat dari yang bersifat konsumtif menjadi produktif.

 

Berbagai pencapaian lain juga dapat kita lihat, yakni dengan menurunnya angka kemiskinan, menurunnya tingkat pengangguran, meningkatnya peluang dan akses terhadap fasilitas pendidikan dan kesehatan, serta banyak aspek lainnya.

Namun demikian, dibalik pencapaian yang telah kita peroleh tersebut, terdapat beragam problem yang menjadi tantangan kita baik di tingkat lokal, regional, maupun global.

Salah satu tantangan terbesar kita saat ini adalah persoalan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan rendah dan terkategori tenaga kerja tidak terlatih (unskilled labor) atau berkeahlian rendah-menengah. Hal ini tidak hanya menjadi tantangan bagi kita di tingkat produktivitas ekonomi, namun juga mempengaruhi daya saing kita di tingkat regional dan global. Karena persaingan dalam era globalisasi ini akan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Diungkapkannya, Kemenristekdikti telah menetapkan tujuan strategi 2019 yang akan kita capai yaitu “Meningkatnya relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan-tinggi, serta kemampuan Iptek dan inovasi untuk keunggulan daya saing bangsa”.  Saya yakin, dengan kerja bersama, kita dapat mencapai tujuan strategis tersebut. Mulailah dari diri kita sendiri, dari lingkungan sekitar kita, dan dari institusi kita. Bangun budaya anti plagiat, budaya keilmuan yang menghasilkan inovasi. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengajak Dalam peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita semua bekerja sama untuk terus membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi dengan penuh Integritas, Etos Kerja, dan semangat Gotong Royong, serta selalu mengedepankan kepentingan dan masa depan bangsa Indonesia dan karya bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, membangun budaya kampus yang bersih, anti korupsi, anti narkoba, dan bebas dari faham radikalisme, membangun kesantunan, memperteguh jiwa Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila.

 

Selain itu, kerja bersama antara perguruan tinggi, institusi riset dan industri merupakan sebuah strategi dalam meningkatkan nilai tambah hasil penelitian menjadi sebuah inovasi dan produk iptek berskala pasar. Dengan kerja bersama antar berbagai lembaga dan industri akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas penciptaan inovasi. Dengan kata lain, peneliti dan inovator saling bekerja sama, bergotong royong, dan bersinergi dalam menghasilkan inovasi. Dengan kerja bersama, maka kemajuan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian dapat makin cepat terwujud.

 

Pada upacara HUT RI ke-72, Direktur Politeknik Negeri Pontianak menyampaikan apresiasi unit kerja yang telah bekerja dengan baik dan diantranya pengelolaan administrasi keuangan yang oleh KPPN terbaik ke-3 Kalimantan Barat. Selain itu, ditingkat Satker dilingkungan Kemenristekdikti, Politeknik Negeri Pontianak di peringkat ke-6 terbaik daya serapnya. Pada kesempatan itu, Direktur juga mengapresiasi kinerja Humas yang menduduki peringkat ke-5 dari seluruh perguruan tinggi dan kopertis dalam sering berita ke web Ristekdikti. Direktur menyerahkan penghargaan kepada bagian BAUK, SPI dan Humas.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

 

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan