YUDISIUM JURUSAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN POLNEP “Lulusan Berkualitas Siap Kerja”

2017-11-09 | Dibaca 1 kali

YUDISIUM JURUSAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN POLNEP

“Lulusan Berkualitas Siap Kerja”

 

Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) menggelar yudisium bagi 156 lulusan di Hotel Mercure, Jl Ahmad Yani Pontianak, Selasa, 29 Agustus 2017. Kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk akuntabilitas jurusan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Kalimantan Barat.

“Dalam era globalisasi ini, alumni kami menghadapi tantangan jauh lebih keras dan komplek di dunia kerja. Karena itu, kami sebagai lembaga telah berusaha membekali bidang keilmuan dan praktek. Tak hanya itu, para alumni pun kami ikutkan dalam uji kompetensi,” jelas Ir HM Toasin Asha MSi, Direktur Polnep, kemarin.

Menurutnya, pada jurusan sipil terdapat sembilan bidang kompetensi. Ujian akan dilakukan lembaga sertifikasi profesi yang sudah disertifikasi dan berlisensi. “Sesuai minat lulusan, bidangnya apa. Mau banyak juga tidak apa. Yang lulus kompetensi dapat sertifikat, yang belum lulus ikut uji kompetensi kembali, tentunya melalui pelatihan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Indah Rosanti SST MT, Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Polnep menyampaikan, lulusan tahun ini terdiri dari 92 Sarjana Sains Terapan Prodi Perencanaan Perumahan dan Pemukiman, serta 64 D3 Prodi Teknik Sipil. IPK tertinggi diraih Trisno (S1; 3,76) dan Jannen Sitanggan (D3; 3,63). “Para lulusan ini kami serahkan pada direktur untuk diwisuda pada 20 September, mendatang,” katanya.

Para lulusan wajib ikut uji kompetensi untuk dapat sertifikat kompetensi keahlian dari BNSP melalui LPS 1 Polnep pada 11-29 September. “Bangsa Indonesia menunggu karya Anda (para lulusan) untuk bangkit menjadi bangsa besar. Yudisium ini punya arti penting; karena masyakat, bangsa, dan negara mendapatkan kembali putra/i terbaik yang telah menjadi putra/i terdidik, terlatih, dan kompeten dari kampus terbaik untuk mengabdikan dirinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Indah pun menyampaikan prestasi nasional yang berhasil diraih mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan pada tahun 2017. Beberapa diantaranya: Tim Khatulistiwa Concrete masuk lima besar terbaik Innovation of High Strength Green Concrete Compettition di Jogjakarta; Juara 1 lomba kuat beton nasional di Medan, Juara 3 teknik survei kondisi jalan dan verifikasi dana jalan nasional di Bandung; serta Juara 1 daerah, Juara 3 nasional, dan 10 besar internasional lomba catur.

“Insya Allah, tahun ini juga, kami mengirimkan dua tim dalam lomba tingkat nasional rancang bangun rangka atap baja ringan di Bali, serta rangka jembatan baja canai dingin dan bangunan gedung baja di Malang. Mohon doa restunya agar tim kami lolos di final,” katanya.

Selain itu, pada 13-20 Oktober 2017, Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Polnep kembali menggelar salah satu agenda tahunannya, yaitu Expo Engineering 2nd. “Kami juga dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan himpunan mahasiswa jurusan teknik sipil se-Indonesia pada tahun 2018,” pungkasnya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

 

 

 

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan