POLNEP LATIH GURU SMKN 1 SINGKAWANG AutoCAD 2007 dalam Pengoperasian Mesin CNC

2017-11-24 | Dibaca 1 kali

POLNEP LATIH GURU SMKN 1 SINGKAWANG

AutoCAD 2007 dalam Pengoperasian Mesin CNC

                                         

Politeknik Negeri Pontianak melalui Jurusan Teknik Mesin menggelar pelatihan AutoCAD 2007 dalam pengoperasian mesin CNC kepda guru-guru SMKN 1 Singkawang 04 November 2017. Kegiatan tersebut diketui Masy’ari, ST, MEng dengan anggota Edi Karyadi, ST, MEng, Eko Widagdo, ST, MT dan Rusadi, ST, MT.

 

Menurut Mas’ari, SMKN 1 Singkawang merupakan salah satu sekolah vokasi biang rkaysa yang ada di kota Singkawang. Salah satu paket keahlian yag ada di SMKN 1 Singkawang adalah teknik pemesinann kh iSMKN 1 Singkawang beberapa tahun ini khusus untuk program keahlian teknik pemesinan dari pengembangan laboratorium CNC maupun laboratorium computer khususnya untuk bidang  teknik mesin. Namun hingga saat ini belum dimanfaatkan secara optimal, khususnya untuk laboratorium CNC.

 

Dijelaskannya, untuk lebih mengoptimalkan laboratorium tersebut, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak melalukan program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) mengadakan pelatihan AutoCAD 2007 kepada guru-guru SMKN1 Singkawang dalam mengoperasikan mesin CNC. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari tri dharma perguruan tinggi.

 

Menurut Masy’ari, tujuan dari pelatihan ini pada dasarnya adalah sebagai langkah awal memahami konsep dalam pembuatan program untuk menjalankantn mesin CNC. Ked depan menurutnya, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak berupaya untuk meningkatkan kegiatan ini pada tahap pembuatan program dalam mengoperasikan mesin CNC dengan menggunakan aplikasi Autodesk Inventor.

 

Dijelaskannya, adapun keluaran yang dihasilkan kegiatan PPM ini adalah kelompok guru yang mempunyai kemampuan menggunakan aplikasi AutoCAD 2007. Hal tersebut sebagai pemahaman dasar untuk membuat program di mesin CNC dalam pengoperasian mesin CNC di laboratorium program keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Singkawang.

Sementara itu, pihak SMKN 1 Singkawang yang diwakili Waka Bidang Kurikulum menyambut baik kegiatan tersebut.  Mereka berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan terutama untuk pengoperasikan mesin CNC di SMKN 1 Singkawang, sehingga kegiatan ini juga dapat  meningkatkan keterampilan guru-guru SMKN 1 Singkawang, khususnya pada bidang teknik mesin, ujarnya berharap.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan