PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH PADAT UDANG

2017-12-13 | Dibaca 1 kali

PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH PADAT UDANG

 

 

Politeknik Negeri Pontianak kerap menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini rutin digelar selama masa kepemimpinan H. Muh. Toasin Asha sebagai Direktur. Pekan ini, pengabdian pada masyarakat digelar pada anggota kelompok Tani “Sukses” Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara mengikuti pemanfaatan limbah padat udang menjadi tepung rese pada pakan unggas dan pelatihan ini digelar pada hari Rabu, 29 November 2017.

 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang ada. Alasan memilih lokasi tersebut sebagai tempat pelatihan dikarenakan di tempat ini sudah ada peternkan unggas, karena di tempat ini sudah ada peternakan unggas sehingga bisa langsung diaplikasikan selama pelatihan berjalan.

 

Hadir dalam kegiatan ini PPL Kota Pontianak Mardiansyah dan merupakan mitra kerja kelompok ini, ujar Aloysius Masi. Dijelaskannya, Kegiatan ini sangat bagus karena dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan kedepannya diperlungkan lagi inovasi yang selalu menguntungkan masyarakat yang bisa dipakai, seperti yang dilakukan Politeknik Negeri Pontianak.

 

Aloysius Masi sebagai narasumber mengatakan bahwa kelompok tani diajarkan bagaimana mengolah limbah padat udang, lalu difermentasikan selama  11 hari. Setelah itu dikeringkan dan digiling, lalu dijadikan tepung untuk penambahan nutrisi pada ransum unggah. Pengolahan dengan metode fermentasi menggunakan an bahan EM4.

 

Seperti yang diketahui bahwa limbah undang sebagai bahan pakan alternative dalam budidaya ternak termasuk unggas. Ini dilakukan karena tingginya harga bahan pakan lain. Olahan limbah udang menjadi bahan pakan juga tidak kalah secara ketersediaan dan berkualitas.

 

Pemanfaatan limbah udang sebagai pakan ternak berdasarkan pada dua hal, yaitu jumlah dan mutunya. Tepung limbah udang sisa hasil pengolahan udang setelah diambil bagian dagingnya, sehingga yang tersisa adalah bagian kepala, cangkang dan udang kecil utuh dalam jumlah sedikit.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)

 

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan