Workshop Nasional Model Publikasi Politeknik Negeri Se-Indonesia

2016-12-19 | Dibaca 1 kali

Dalam rangka meningkatkan pemahaman stakeholders tentang politeknik tentu sangat dibutuhkan adanya upaya publikasi dan pencitraan secara masif. Walaupun secara umum masing-masing politeknik telah melakukannya, namun dalam mencapai target daya jangkau yang lebih luas (nasional maupun internasional) akan lebih efektif juga dilakukan secara simultan dan secara bersama mengingat kondisi politeknik di indonesia sangat variatif.

Sebagai langkah awal, atas inisiasi Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) telah dilaksanakan Workshop Nasional dengan Tema: “Model Publikasi Politeknik Negeri Se-Indonesia” yang dilaksanakan di Hotel Soverign, Kuta, Bali pada Tanggal 18-20 Agustus 2016. Peserta dalam workshop ini adalah bagian kehumasan dari 43 Politeknik Negeri Se-Indonesia. Dari jumlah politeknik yang diundang hadir 32 politeknik (75% dari jumlah Politeknik Negeri Se-Indonesia) dengan jumlah peserta sebanyak 43 orang.

Panitia workshop mengundang narasumber dari dua Politeknik, yaitu dari Politeknik Negeri Bali (PNB) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Masing-masing menyampaikan materi tentang:

  1. Politeknik Negeri Bali (PNB) :
    • Strategi Promosi Dan Publikasi Politeknik
    • Publikasi Melalui Website
  2. Politeknik Elekronika Negeri Surabaya (PENS) :
    • Pemanfaatan IT Untuk Publikasi Politeknik / Politani Negeri Terintegrasi

Media publikasi yang disepakati pada workshop terdiri dari empat (4) macam yaitu website bersama, brand image politeknik (iklan, jargon dan logo), media sosial (facebook dan twitter), katalog dan buku profil baik untuk politeknik secara nasional maupun untuk masing – masing politeknik, serta laporan kinerja dari masing – masing politeknik

Konten publikasi yang disepakati pada workshop terdiri dari dua (2) hal yaitu konten umum dan konten khusus. Konten umum antara lain dasar hukum, berita-berita populer, Prestasi akademik dan non akademik, Kerjasama, Info Lowongan Kerja dan Beasiswa serta Informasi umum. Konten khusus merupakan hasil kompilasi dari data center meliputi profil dan kinerja masing-masing Politeknik.

Struktur dan tata kelola media dan materi/konten publikasi yang disepakati pada workshop dibagi menjadi tiga buah tim yaitu tim verifikasi materi, tim administrator dan tim desain media. Tim Administrator meliputi administrator data center yang bertanggungjawab pada pengolahan data dan informasi di data center, administrator nasional bertanggungjawab pada konten nasional, serta administrator masing – masing poltek yang bertanggungjawab pada konten lokal politeknik.

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan