Poltekba Hadir di Gebyar Vokasi Garapan BBPPMPV BMTI

2021-09-21 | Dibaca 1 kali

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi bidang Mesin dan Teknik Industri  (BBPPMPV BMTI)  menyelenggarakan Gebyar Vokasi Program Link and Super Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Kegiatan gebyar vokasi ini diselenggarakan selama tiga hari sejak 15-17 September 2021 di Jawa Barat.

Nah, pada kegiatan tersebut Politeknik Negeri Balikpapan turut hadir. Secara langsung diwakili oleh Direktur Ramli, S.E., M.M dan Wakil Direktur II Zulkifli, S.T., M.T.

Direktur Poltekba Ramli, S.E., M.M mengatakan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan program link and super match. Tentunya dari program ini diharap mampu bersinergi antara kampus vokasi dan DUDI. Termasuk bidang sektor lainnya.

Ya Program Link and Match ini, kata dia dibuat untuk mensinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri.

”Tentunya guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri,” kata Direktur Poltekba ini.

Dalam kegiatan tersebut, dikatakan meliputi simposium atau bincang santai pendidikan vokasi, peluncuran produk galeri kejuruan, peluncuran produk simulator kapal, peluncuran produk manajemen hebat energi (green management system).

Termasuk penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama oleh BBMPV BMTI, perguruan tingg vokasi swasta, dinas penddiikan, dinas perindustrian,  dinas tenaga kerja dan trasmigrasi, dinas ESDM, kamar dagang dan industri, lembaga kursus dan pelatihan serta DUDI yang berada di 12 provinsi mitra kerja BBPPMPV BMTI.

Sementara  Kepala BBPPMPV BMTI, Supriyono dalam sambutan pembukaan kegiatan memaparkan tiga program inovasi yang dibangun oleh BBPPMPV BMTI selama Pandemi Covid-19 yaitu Galeri Kejujuran, Ship Simulator dan Green Management System. “Mari bersinergi terus bersama vokasi kuat, menguatkan Indonesia”, imbaunya.

Ditjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto memaparkan Integrasi pendidikan vakasi dan dunia kerja dilaksanakan melalui link and macth 8 + i tidak hanya seremoni MoU, keterlibatan dunia kerja di segala aspek penyelenggaraan pendidikan. (and)

 

Sumber : https://kaltimkita.com/detailpost/poltekba-hadir-di-gebyar-vokasi-garapan-bbppmpv-bmti

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan