Poltekba Lakukan Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 4 Tanah Grogot

2021-09-24 | Dibaca 1 kali

Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) sebagai perguruan tinggi pendamping berkolaborasi dengan industri perhotelan dan stakeholder di Kaltim. Kolaborasi ini  dalam rangka bersama-sama mengembangkan SMKN 4 Tanah Grogot sebagai Pusat Keunggulan di bidang perhotelan.

Rabu (22/9/2021) kemarin, Poltekba diwakili dosen perhotelan Gozali, S.Pd., M.Pd dan Ria Setyawati, S.Pd.T., M.Pd. Keduanya melalui rangkaian program SMK Pusat Keunggulan Kemendikbudristek, melakukan pendampingan secara langsung dan daring.

Pendampingan ini menekankan pada keselarasan mendalam dan menyeluruh SMK Pusat Keunggulan dengan Dunia Kerja melalui 8+i link and match.

Berbekal disiplin keilmuan Gozali, S.Pd., dan Ria Setyawati, S.Pd.T dibidang pendidikan vokasi dengan latar belakang pengalaman sebagai seorang chef professional, mereka memberikan gebrakan baru arah pengembangan SMK N 4 Tanah Gerogot sebagai Pusat Keunggulan yang relevan dengan program SMK Pusat Keunggulan.

”Mulai dari pengembangan visi dan  misi, pengembangan peta jalan, penyelarasan kurikulum, pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan pembelajaran teaching factory, dan lain-lain,“ kata Gozali kepada KaltimKita.com, Kamis (23/9/2021).

 

MoU yang dilakukan Poltekba terhadap SMKN 4 Tanah Grogot dalam bidang pengembangan pendidikan.

Pola pendampingan yang diterapkan, kata dia tidak hanya sebatas teoritis semata. Akan tetapi menekankan pada penerapan yang nyata sesuai dengan dunia industri dan dunia kerja di bidang hospitality.

”Dengan demikian sangat diharapkan tujuan dari SMKN 4 Tanah Grogot sebagai SMK Pusat Keunggulan dapat diwujudkan. Sehingga dapat menjadi contoh yang nyata untuk sekolah vokasi di Kaltim di masa mendatang,” harapnya.

Selain melakukan pendampingan, Poltekba juga melakukan MoU antara SMKN 4 Tanah Grogot dan Harris Hotel Samarinda, Aston Hotel & Convention Center Samarinda, Golden Tulip Balikpapan Hotel dan Four Points by Sheraton Balikpapan. Kerja sama ini dalam hal pengembangan bidang pendidikan.

”Kesepakatan Bersama ini dimaksudkan sebagai dasar pelaksanaan kerjasama bagi para pihak dalam upaya pengembangan dan memanfaatkan sumber daya manusia masing-masing. Sesuai dengan kewenangannya melalui kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,“ kata Koordinator Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Edi Wibowo LS yang turut hadir secara langsung.

”Kesepakatan Bersama ini bertujuan untuk mewujudkan kerjasama dalam peningkatan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai kewenangan yang dimiliki,” tuntasnya.

Sumber : https://www.kaltimkita.com/detailpost/poltekba-lakukan-pendampingan-program-smk-pusat-keunggulan-di-smkn-4-tanah-grogot

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan