Program Pengabdian Masyarakat: Dosen Politeknik Negeri Batam Lakukan Kegiatan Pembuatan Informasi Geospasial Tematik (IGT) di Sembulang, Kota Batam

2021-10-19 | Dibaca 1 kali

NEWS-Politeknik Negeri Batam melakukan kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim pengabdian yang terdiri dari Dosen, PLP, dan Mahasiswa/i yaitu Arif Roziqin (Ketua Pengabdian), Sudra Irawan, Oktavianto Gustin, Siti Noor Chayati, Rizki Widi Pratama, Pebriani, Yuly Deswita Nadeak, Fajar Gunawan Sirait dan Halim Perdana Kusuma. Kegiatan berlokasi di Kelurahan Sembulang, Kota Batam. Kegiatan pengabdian ini adalah berupa pembuatan Informasi Geospasial Tematik (IGT) di wilayah Kepesisiran Sembulang.  IGT atau peta tematik adalah peta yang dibuat dengan tema khusus atau tertentu. Dengan adanya peta tematik diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk pengembangan dan pembangunan di wilayah Sembulang.

Kegiatan pengabdian ini diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran di Politeknik Negeri Batam yaitu Project Based Learning (PBL). Melalui kegiatan PBL mahasiswa diajak belajar dengan merasakan langsung real project di dunia kerja. Hasil dari kegiatan PBL dengan arahan dan bimbingan pada Dosen menghasilkan berbagai produk  peta tematik seperti Peta Tipologi dan Karakteristik Pantai, Peta Topografi, Peta Foto Udara, Kondisi Pasang Surut Air Laut dan Pera Arahan Pengembangan Zonasi di Wilayah Kepesisiran Sembulang, Kota Batam. Penyajian dalam bentuk peta dan poster pada hari Senin, 06 September 2021 diserahkan kepada Lurah Sembulang, Kota Batam. Arif Roziqin selaku Ketua Pengabdian mengatakan bahwa dengan adanya peta tematik ini dapat memberikan sumbangsi dan kehadiran Perguruan Tinggi di tengah masyarakat dalam turut serta melakukan pembangunan dari sisi keilmuan. Sedangkan Sudra Irawan selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini diintegrasikan satu kesatuan dalam proses pembelajaran, sehingga tidak dilakukan secara parsial. Kegiatan pengabdian ini dapat terselenggara karena didukung oleh Polteknik Negeri Batam melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M).

#Polibatam #HumasPolibatam #PengabdianMasyarakatPolibatam

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan