Melalui PMDK-PN Online Poltek Negeri Bali Seleksi Calon Mahasiswa Baru

2017-01-12 | Dibaca 1 kali

Politeknik merupakan salah satu bentuk pendidikan tinggi di negara kita yang lebih mengedepankan praktik daripada teori. Sistem pendidikan politeknik dikembangkan untuk mengisi kesenjangan kebutuhan akan tenaga-tenaga kerja yang terampil. Salah satunya adalah Politeknik Negeri Bali (Poltek Bali).

Sebagai pendidikan tinggi vokasi, Poltek Bali kini menyelenggarakan program pendidikan Diploma III dan Diploma IV (S1 Terapan) dengan enam jurusan yang terbagi dalam tiga belas Program Studi (Prodi). Program Studi tersebut adalah: (1) Jurusan Teknik Sipil dengan Prodi D3 Teknik Sipil dengan Aplikasi Komputer Rancang Bangun dan Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi; (2) Jurusan Teknik Mesin dengan Prodi D3 Teknik Mesin, Prodi D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara (Teknik Mesin Pendingin), dan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Utilitas Bidang Kekhususan Bangunan Komersial dan Perhotelan; (3) Jurusan Teknik Elektro dengan Prodi D3 Teknik Listrik, Prodi D3 Manajemen Informatika, dan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Otomasi; (4) Jurusan Akuntansi dengan Prodi D3 Akuntansi dan Prodi D4 Akuntansi Manajerial; (5) Jurusan Administrasi Niaga dengan Prodi D3 Administrasi Bisnis dan Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional; dan (5) Jurusan Pariwisata dengan Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata, Prodi D3 Perhotelan, dan Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata.

Dengan proses belajar mengajar yang lebih banyak praktik daripada teori, Poltek Bali menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika Poltek Bali disebut sebagai penghasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil atau profesional di bidangnya masing-masing. Dengan image inilah, Poltek Bali selalu menjadi incaran para lulusan SMA/SMK yang ingin menempuh pendidikan tinggi berbasis keterampilan untuk menggapai masa depan yang cerah.

Untuk mendapatkan lulusan yang berkualitas, terampil, dan profesional, tidak hanya dipengaruhi oleh proses belajar mengajar, sarana dan prasarana, dan SDM pengajar, tetapi juga ditentukan oleh kualitas ’bahan baku’ yakni calon mahasiswanya. Untuk itulah Poltek Bali menjaring calon mahasiswa baru secara ketat agar benar-benar berkualitas.

Calon mahasiswa baru Poltek Bali diseleksi melalui tiga jalur, yaitu: PMDK PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri) secara online, Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) se-Indonesia, dan UMPN Mandiri melalui Tes Bakat Skolastik (TBS).

Dengan sistem penerimaan tersebut Poltek Bali diharapkan mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas, sehingga benar-benar mampu menghasilkan lulusan yang berkompetensi tinggi.

Sebagai perguruan tinggi negeri, Poltek Bali dalam operasionalnya selalu mengacu pada perundang-undangan yang berlaku termasuk dalam menentukan uang kuliah. Poltek Bali menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang pada hakikatnya bertujuan meringankan beban mahasiswa terhadap pembiayaan pendidikan. UKT ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan  ekonomi masyarakat yang dibagi ke dalam lima kelompok dari yang terendah sampai tertinggi, yaitu kelompok I, II, III, IV, dan V. Dengan UKT ini diharapkan pendidikan di Poltek Bali bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari berbagai kalangan ekonomi. Informasi selangkapnya tentang UKT dapat diakses melalui www.pnb.ac.id Di samping itu, Poltek Bali juga menyediakan berbagai beasiswa, sehingga dapat meringankan beban biaya mahasiswa.

Dengan proses pembelajaran yang ketat dan pelayanan administrasi yang optimal, Poltek Bali siap menjadi lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi yang Terdepan, Profesional, dan Berdayasaing Internasional.

 

Informasi selengkapnya dapat hubungi kami di:

Kampus Politeknik Negeri Bali

Bukit Jimbaran, Kuta selatan, Badung, Bali

PO Box 1064 Tuban

Telp. (0361) 701981

Fax. (0361) 701128

Email: poltek@pnb.ac.id

Web: www.pnb.ac.id

Fanpage FB: www.facebook.com/PoltekBali/

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan