Wujudkan Lulusan yang Berdayasaing Internasional, Poltek Bali jalin Kerjasama dengan Hilton Worldwide

2017-01-13 | Dibaca 1 kali

 

Menjelang akhir tahun 2016, Poltek Bali mendapat kesempatan untuk menguatkan kerjasama dengan Hilton Worldwide dengan diadakannya penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 8 Desember 2016, di Gedung Widya Guna kampus Politeknik Negeri Bali. Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Direktur Poltek Bali, Ir. Made Mudhina, MT dan Regional General Manager Indonesia Hilton Worlwide Mr. Nils-Arne Schroeder. Selain para staff pimpinan Poltek Bali, dari pihak Hilton Worldwide juga turut hadir Sr. Director of Human Resources India and South East Asia, Mr. Sabu Raghavan; Head of India Operations, Mr. Andre Gomez;   Regional Director of Sales-India,  Mr. Pariva Rustagi; General Manager Hilton Bali and Resort, Mr. Peter Simson; General Manager Hilton Garden Inn Bali,  Mr. Jean-Philip De Haas; Director of Operations Conrad Bali, Mr. Stephane Roubin.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Poltek Bali Ir. I Made Mudhina, M.T., dalam sambutannya menyatakan penghargaan setinggi-tingginya, atas kepercayaan Hilton Worldwide karena telah memilih Poltek Bali sebagai mitra kerja dalam bidang Hospitality. Poltek Bali sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai bidang keahlian khusus untuk mempersiapkan tenaga kerja profesional yang terampil dan berkompeten dalam bidang tertentu. Poltek Bali memiliki berbagai program studi yang menunjang bidang hospitality selain bidang pariwisata, seperti program studi akutansi, administrasi bisnis, mechanicalelectrical, infrastruktur dan informasi teknologi. Semua program studi tersebut diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang industri pariwisata.

Sebagai bentuk wujud nyata dari kerjasama tersebut, nantinya akan diadakan kelas dari Hilton Worldwide, yang sifatnya memberikan nilai tambah dalam soft skill bagi mahasiswa Poltek Bali. Diharapkan dengan kerjasama ini dapat menambah kompetensi keprofesionalan lulusan Poltek Bali dalam menghadapi tantangan sumber daya manusia di tingkal global.

Kerjasama Poltek Bali dan Hilton Worldwide ini, tidak lepas dari peran Dr. I Ketut Budarma, M.Par., MMTHRL., selaku Sekretaris Jurusan Pariwisata, yang mendapat kepercayaan dalam menginisiasi kerja sama ini. Dalam penyataannya, Ketut Budharma menyatakan kalau Poltek Bali sebagai pendidikan vokasi harus melakukan aliansi dengan industri, selain yang sudah dilakukan dengan stakeholder lokal, dengan Hilton Worldwide ini merupakan salah satu yang luar biasa di level internasional.

Dalam kesempatan wawancaranya dengan Regional General Manager Indonesia Hilton Worldwide, Mr. Nils-Arne Schroeder, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan yang pertama di Indonesia dan kelima di wilayah Asia Tenggara dan India. Masih menurutnya, kerja sama ini merupakan komitmen Hilton Worldwide untuk mendukung industri pariwisata yang sedang berkembang di Indonesia. Dengan adanya kelas Hilton, diharapkan akan membuka wawasan mahasiswa untuk melihat banyaknya peluang yang ditawarkan Hilton untuk kebutuhan karier mereka. Mr. Nils-Arne Schroeder, berharap agar kerja sama ini dapat memberikan manfaat positif untuk Poltek Bali dan Hilton Worldwide. “Kami memilih Poltek Bali untuk bekerjasama, karena kami yakin Poltek Bali merupakan perguruan tinggi vokasi terbaik di Bali, dan kedepannya, kerja sama ini akan memberikan hasil yang sangat baik tidak saja bagi lulusan Poltek Bali tapi bagi Hilton Worldwide,” ujarnya.

Kelas Hilton yang nanti akan diadakan merupakan program global untuk mendukung para tenaga kerja muda untuk menyadari potensi mereka dalam dunia kerja global dan menjadi tenaga  profesional yang mampu bersaing di era globalisasi. Wujud kerjasama ini juga akan memberikan kesempatan pada mahasiswa Poltek Bali untuk mengikuti magang dan pengembangan keprofesionalan mereka di berbagai jaringan Hilton. Dalam waktu dekat, Mr. Nils-Arne Schroeder melakukan seleksi terhadap beberapa mahasiswa Poltek Bali untuk mengikuti kelas Hilton ini. Mereka akan mendapatkan tambahan ilmu dan soft skill dari dosen tamu yang akan disiapkan oleh manajemen Hilton. Selain itu, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk magang selama tiga sampai dengan enam bulan di jaringan Hilton, dan selanjutnya lulusan Poltek Bali juga bisa diterima bekerja di jaringan Hilton. @timpublikasipoltekbali

Berita Politeknik


Galeri Kegiatan