POLNEP - UCTS MALAYSIA TINGKATKAN KERJASAMA

Kerjasama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan aktifitas di perguruan tinggi.  Hampir tidak mungkin sebuah perguruan tinggi tidak melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, terutama untuk menjalankan  tugas pokoknya, yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita menyadari bahwa tidak ada sebuah lembaga yang akan dapat berjalan dengan sendirinya, tanpa  melakukan kerjasama dengan pihak lain.  Jalinan kerjasama yang dibangun dan dilaksanakan oleh perguruan tinggi biasanya dalam upaya untuk mempercepat dan menyempurnakan pelaksanaan Tri  Dharma Perguruan Tinggi.
Kerjasama merupakan upaya Politeknik Negeri Pontianak untuk mencapai visi dan misi bahwa tahun 2020 menjadi perguruan tinggi vokasi yang terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selengkapnya
POLNEP TUAN RUMAH EXPO KMI

Politeknik Negeri Pontianak menjadi tuan rumah even nasional untuk kesekian kalinya. Pada tanggal 22 sampai 26 November 2017, Ditjen Belmawa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menunjuk Politeknik Negeri Pontianak sebagai tuan rumah Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI). Kami siap melaksanakan kegiatan ini, tegas Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si. Direktur Polnep sangat mengharapkan dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah baik Gubernur maupun Walikota Pontianak. Jika memungkinkan, kegiatan ini akan dibukia Presiden Joko Widodo. Saat ini kita sudah komunikasi informal dengan protokoler Istana. Menurutnya, kegiatan ini turut mengangkat citra daerah di mata nasional.

Selengkapnya
POLNEP SELENGGARAKAN WOKSHOP SPMI

Masa depan untuk penjaminan mutu pendidikan tinggi tidak hanya menjadi tugas Kemenristekdik saja, tetapi menjadi tugas perguruan tinggi. Penetapan penjaminan mutu (quality assurance) bagi seluruh Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) telah lama diumumkan pemerintah. Berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, SPM Dikti ini meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi. Jadi SPM Dikti itu sistem penjaminan mutu internal dan external.

Kebijakan Kemenristekdikti nomor: 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI) didukung penuh lembaga (Polnep). Sistem Penjaminan Mutu Internal bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, Polnep berharap dapat  mewujudkan visi global 2020 serta memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan.

Selengkapnya
JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS LAKSANAKAN INHOUSE TRAINING PENULISAN ARTIKEL

Bangsa Indonesia sejak 2013 dijuluki sebagai lost science in the third world atau sebagai bangsa yang tidak pernah meneliti. Oleh sebab itu, Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak  malaksanakan kegiatan Inhouse Training Penulisan Artikel di Jurnal Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 14 sampai 15 Agustus di ruang Jurusan Administrasi Bisnis. Peserta inhouse training para dosen Jurusan Administrasi Bisnis dan beberapa dosen dari Jurusan lain dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak dan beberapa dosen di luar Politeknik Negeri Pontianak. Sebagai narasumbernya adalah Assiciate Prof. Handoyo Puji Widodo, Ph.D dari University of Shantau, Guang Dong, China.

Selengkapnya
PNUP Pamer Produk Inovasi di Jalan Sehat Hakteknas

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ikut ambil bagian di acara jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22. Acara jalan sehat yang digelar Minggu (6/8) dilepas langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof. Mohamad Nasir. Ph. D., diikuti sekitar 20.000 peserta yang berasal dari para eselon I lingkup Kemenristekdikti, para pimpinan Perguruan Tinggi, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, hingga para mahasiswa sekota Makassar. PNUP sendiri mengerahkan sekitar 1000 orang untuk berpartisipasi di jalan sehat tersebut.

 

Selengkapnya
DOSEN IKP POLNEP KEMBANGKAN ALAT TANGKAP BUBU DASAR

Propinsi Kalimantan Barat terletak dibagian Barat Pulau Kalimantan atau di antara garis 2°08 LU dan 3°05 LS serta diantara 108°0´ BT dan 114°10´ BT. Pemanfaatan sumberdaya perikanan khususnya perikanan laut (Perikanan Tangkap) hingga saat ini masih didominasi oleh usaha perikanan rakyat yang umumnya memiliki karakteristik : skala usaha kecil, aplikasi teknologi yang sederhana, jangkauan operasi penangkapan yang terbatas di sekitar pantai dan produktifitas yang relatif  masih rendah. Menurut Dinas Kelautan dan Perikanan (2011), tingkat pemanfaatan ikan demersal di wilayah Laut Cina Selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat   baru mencapai 42,8% dengan peluang pengembangan sebesar 47,2% dari potensi sebesar 655,65 ribu ton/tahun. Hal ini berarti bahwa Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu wilayah perairan yang termasuk kategori masih sangat potensial untuk ditingkatkan produksinya. Pemanfaatan potensi penangkapan ikan yang dilakukan oleh para nelayan di perairan Pulau Lemukutan Provinsi Kalimantan Barat salah satunya adalah dengan menggunakan bubu untuk menangkap ikan dasar dan masih bersifat tradisional, dimana alat penangkapan bubu dasar tersebut terdapat hanya satu bahkan dua pintu masuk, terbuat dari bambu kerangka kayu dan sering mengalami kerusakan akibat diterpa arus laut  dan sering terjadi kerusakan pada bambu pada saat bubu dasar tradisional tersebut diangkat ke permukaan,  tentunya hal ini berakibat hasil tangkapan tidak optimal dan para nelayan mengalami kerugian, selain itu para nelayan tidak pernah mengetahui apakah upaya penangkapan dengan menggunakan bubu dasar yang mereka lakukan menghasilkan keuntungan atau mengalami kerugian, hal ini disebabkan karena para nelayan tidak penah melakukan perhitungan / analisis mengenai usaha yang mereka lakukan.

Selengkapnya
POLNEP KEMBALI RAIH PERINGKAT KE-3 TERBAIK SATKER PERIODE SEMESTER I TAHUN 2017

Politeknik Negeri Pontianak kembali meraih prestasi atas kinerja dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan dilingkungan KPPN Kalimantan Barat. Prestasi terbaik ke-3 ini bukan hal baru, di tahun sebelumnya pada semester I tahun 2016 Politeknik Negeri Pontianak di peringkat ke-4.

Selengkapnya
KULIAH UMUM IKP POLNEP

Illegal Fishing sebenarnya sudah menjadi masalah klasik, karena telah ada dari zaman dulu masalah tersebut seakan tidak ada habisnya. Upaya pemerintah untuk melakukan penangkapan kapal asing akhir-akhir ini sering terdengar, akan tetapi tetap masih saja ada kapal-kapal asing yang masuk wilayah RI. Maraknya Illegal Fishing di Indonesia, Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Politeknik Negeri Pontianak mengadakan kulia umum yang diperuntukkan para mahasiswa dilingkungan Ilmu Kelautan dan Perikanan. Menurut Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Drs. Selamat Tarno, M.Si, kuliah umum dimaksudkan untuk memberikan pemahaman atau wawasan kepada mahasiswa di Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan tentang Illegal Fishing yang beberapa tahun terakhir ini sangat kencar diberantas pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan RI. 

Selengkapnya
POLNEP KENALKAN IPTEK KE MASYARAKAT PEMBUDIDAYA IKAN

Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen di setiap perguruan tinggi. Salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang difasilitasi pembiayaan oleh  DRPM Dikti Tahun Anggaran 2017 adalah IbM (Iptek bagi Masyarakat) Kelompok Pembudidayaan Ikan di desa Tunas Muda Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu.

Pelaksanaan IbM di desa Tunas Muda ini difokuskan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi kelompok mitra dalam melaksanakan budidaya ikan. Ada tiga permasalahan utama yang dihadapi. Pertama rendahnya ilmu pengetahuan berbudidaya ikan. Solusi yang diberikan berupa pelatihan dan pendampingan budidaya ikan, mulai dari proses persiapan wadah, cara seleksi benih, jumlah tebar, pemeliharaan dan panen. Kedua, lemahnya kemampuan administrasi kelembagaan kelompok mitra. Solusinya berupa pelatihan dan pendampingan dalam menerapkan administrasi usaha kelompok. Ketiga, lemahnya kemampuan permodalan terutama untuk operasional pembelian pakan ikan pabrikan. Solusinya, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tentang manajemen pemberian dan pembuatan pakan ikan berbahan baku local.

Selengkapnya
KEGIATAN SILATURAHMI DIREKTUR DAN PEGAWAI

Silaturahmi merupakan suatu perbuatan yang mulia, selain dianjurkan dalam agama silaturahmi memiliki manfaat yang banyak sekali. Seperti halnya kita menjaga rasa silaturahmi kita dengan keluarga, teman, atasan dan bawahan. Ada banyak hal manfaat memelihara silaturahmi antara lain. Pentingnya menjalin silaturahmi, Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muhammad Toasin mengelar silaturahmi dengan seluruh pegawai dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak. Kegiatan yang diselenggarakan di rumah kediaman Direktur dihadiri selain para staf, juga dihadiri seluruh Pembantu Direktur, Para Ketua Jurusan, para Kabag dan Kasubag, para Kepala UPT dan pejabat lainnya.

Selengkapnya
AKREDITASI “ A “ AKUNTANSI POLNEP, PERTAMA DI KALIMANTAN

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak boleh berbangga atas pencapaian Akreditasi “A” yang diraih Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Pasalnya, akreditasi “A” tersebut yang pertama kali diraih se-Kalimantan untuk prodi D3 akuntansi politeknik. Serta Politeknik Negeri Pontianak menjadi satu-satunya politeknik yang meraih Akreditasi “A” untuk Prodi D3 Akuntansi di Kalimantan Barat. Sementara, akreditasi “A” baru diraih total tiga prodi dari seluruh perguruan tinggi di Kalimantan Barat.

Sesuai Surat Keputusan No.1081/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2017 dari BAN-PT, akreditasi “A” Prodi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak berlaku hingga 18 April 2022. Politeknik Negeri Pontianak merupakan politeknik ke-7 yang meraih akreditasi ‘A’ prodi D3 Akuntansi dari total 78 politeknik dengan akreditasi sama se-Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 373 perguruan tinggi di Indonesia yang meraih akreditasi ‘A’ untuk prodi D3 Akuntansi dari BAN-PT.

Tahun 2017, selain Politekknik Negeri Pontianak, akreditasi “A” prodi D3 Akuntansi juga diraih Universitas Dharma Andalas Padang, Universitas Komputer Indonesia Bandung, dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Hanya Politeknik Negeri Pontianak dan Universitas Lambung Mangkurat yang meraih akreditasi “A” dari BAN-PT untuk prodi tersebut di Kalimantan. (data yang ditampilkan diolah dari situs resmi BAN-PT).

Selengkapnya
PKM POLNEP DI DESA PEMATANG TUJUH Latih Olah Kelapa dan Jagung

Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan kali ini berupa pelatihan penganekaragaman produk olahan kelapa dan jagung bertempat di balai Desa Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya.

Selengkapnya
INOVASI POLNEP DI DESA PAK BULU

Desa Pak Bulu, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah menerima pelatihan inovasi olah pangan dari Singkong yang digelar Jurusan Teknologi Politeknik Negeri Pontianak (Polnep). Melalui kegiatan iptek bagi masyarakat (IbM) ini, kami tim pelaksana berharap adanya perubahan positif pada masyarakat di Desa Pak Bulu. Terutama tim penggerak PKK dan kelompok tani menjadi sumberdaya manusia yang terampil dalam memproduksi olahan pangan dari singkong. Serta turut menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Selengkapnya

Download Buku Profil

Untuk mengenal lebih lanjut terkait politeknik negeri di Indonesia, anda dapat mendownload buku profil kami melalui link di bawah ini.

Selengkapnya     Download

Berita Politeknik

POLNEP - UCTS MALAYSIA TINGKATKAN KERJASAMA

23-Aug-2017

Kerjasama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan aktifitas di perguruan tinggi.  Hampir tidak mungkin sebuah perguruan tinggi tidak melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, terutama untuk menjalankan  tugas pokoknya, yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita menyadari bahwa tidak ada sebuah lembaga yang akan dapat berjalan dengan sendirinya, tanpa  melakukan kerjasama dengan pihak lain.  Jalinan kerjasama yang dibangun dan dilaksanakan oleh perguruan tinggi biasanya dalam upaya untuk mempercepat dan menyempurnakan pelaksanaan Tri  Dharma Perguruan Tinggi.
Kerjasama merupakan upaya Politeknik Negeri Pontianak untuk mencapai visi dan misi bahwa tahun 2020 menjadi perguruan tinggi vokasi yang terbaik dan terpercaya baik di tingkat nasional maupun internasional.


POLNEP TUAN RUMAH EXPO KMI

16-Aug-2017

Politeknik Negeri Pontianak menjadi tuan rumah even nasional untuk kesekian kalinya. Pada tanggal 22 sampai 26 November 2017, Ditjen Belmawa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menunjuk Politeknik Negeri Pontianak sebagai tuan rumah Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI). Kami siap melaksanakan kegiatan ini, tegas Direktur Politeknik Negeri Pontianak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si. Direktur Polnep sangat mengharapkan dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah baik Gubernur maupun Walikota Pontianak. Jika memungkinkan, kegiatan ini akan dibukia Presiden Joko Widodo. Saat ini kita sudah komunikasi informal dengan protokoler Istana. Menurutnya, kegiatan ini turut mengangkat citra daerah di mata nasional.


POLNEP SELENGGARAKAN WOKSHOP SPMI

15-Aug-2017

Masa depan untuk penjaminan mutu pendidikan tinggi tidak hanya menjadi tugas Kemenristekdik saja, tetapi menjadi tugas perguruan tinggi. Penetapan penjaminan mutu (quality assurance) bagi seluruh Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) telah lama diumumkan pemerintah. Berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, SPM Dikti ini meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau yang lebih dikenal dengan Akreditasi. Jadi SPM Dikti itu sistem penjaminan mutu internal dan external.

Kebijakan Kemenristekdikti nomor: 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI) didukung penuh lembaga (Polnep). Sistem Penjaminan Mutu Internal bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, Polnep berharap dapat  mewujudkan visi global 2020 serta memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan.


JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS LAKSANAKAN INHOUSE TRAINING PENULISAN ARTIKEL

15-Aug-2017

Bangsa Indonesia sejak 2013 dijuluki sebagai lost science in the third world atau sebagai bangsa yang tidak pernah meneliti. Oleh sebab itu, Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak  malaksanakan kegiatan Inhouse Training Penulisan Artikel di Jurnal Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 14 sampai 15 Agustus di ruang Jurusan Administrasi Bisnis. Peserta inhouse training para dosen Jurusan Administrasi Bisnis dan beberapa dosen dari Jurusan lain dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak dan beberapa dosen di luar Politeknik Negeri Pontianak. Sebagai narasumbernya adalah Assiciate Prof. Handoyo Puji Widodo, Ph.D dari University of Shantau, Guang Dong, China.


PNUP Pamer Produk Inovasi di Jalan Sehat Hakteknas

07-Aug-2017

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ikut ambil bagian di acara jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22. Acara jalan sehat yang digelar Minggu (6/8) dilepas langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof. Mohamad Nasir. Ph. D., diikuti sekitar 20.000 peserta yang berasal dari para eselon I lingkup Kemenristekdikti, para pimpinan Perguruan Tinggi, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, hingga para mahasiswa sekota Makassar. PNUP sendiri mengerahkan sekitar 1000 orang untuk berpartisipasi di jalan sehat tersebut.

 


Peraturan & Perundangan

Sistem Pendidikan Tinggi

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan...

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan...

Data Mahasiswa